teh hijau

Teh hijau tak sekadar nikmat, tapi khasiatnya juga hebat. Betapa tidak, teh hijau mengandung Catechin polyphenol, sejenis antioksidan yang sangat kuat. Saking kuatnya, teh ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, menurunkan kadar kolesterol low density lipoprotein (LDL) atau lemak ‘jahat’, dan memperbaiki sifat pembekuan darah yang tidak normal. Luar biasa ‘kan?

Ilmuwan asal negeri Matahari Terbit juga mengamini bahwa kandungan polyphenol teh hijau, mampu mengurangi risiko penyakit jantung, membunuh sel tumor, dan membantu proses pencernaan makanan. Selain itu, kandungan fluoride-nya yang dapat mencegah pertumbuhan karies pada gigi, mencegah radang gusi dan gigi berlubang. Sebab itu, usahakanlah mengkonsumsi teh hijau seusai makan.


Dengan mengkonsumsi teh hijau, kita juga bisa menjaga stamina tubuh. Ini karena kandungan teh hijau dapat membantu penguraian gula menjadi energi, sehingga kadar gula dalam darah terjaga. Atau Anda kelebihan berat badan ? Minum saja teh hijau dengan teratur, karena teh dapat mempercepat proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Air seduhan teh hijau juga dapat digunakan untuk mengobati luka pada kulit akibat terbakar, teriris, atau terkena gigitan serangga. Caranya, celupkan kapas ke air seduhan teh hijau, dan oleskan di kulit yang terluka. Kandungan antiseptik di dalam teh hijau tidak hanya menghilangkan rasa gatal pada kulit, tapi juga meredakan pembengkakkan. Manfaat ini berlaku juga untuk kulit yang terserang jerawat, dan terpapar sinar matahari yang berlebihan. Selain itu, air teh hijau yang dioleskan ke kulit, juga dapat melembabkan dan melindungi kulit dari efek sinar matahari.


Bagi Anda yang akan memasuki usia senja, sebaiknya segera mengkonsumi minuman ‘ajaib’ yang satu ini. Ya, kandungan antioksidan dalam teh hijau, dapat melawan radikal bebas yang berpotensi merusak saraf otak seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson. Dengan mengkonsumsi minimal dua cangkir dalam sehari, kelak di masa tua, Anda bisa terbebas dari penyakit kaum manula: pikun.


Khasiat teh hijau sangat luar biasa, karena teh ini tidak mengalami proses fermentasi—seperti teh hitam dan teh merah—sehingga kandungan antioksidannya lebih besar. Untuk memaksimalkan manfaat teh ini, siapkan air panas yang sudah mendidih dan biarkan selama tiga menit. Sesudah itu, tuangkan air yang mulai menghangat itu ke dalam gelas yang telah diisi bubuk teh hijau. Dinginkan hingga tiga menit, sebelum diteguk.


Teh hijau tak hanya kaya akan kandungan antioksidan, tetapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, berdasarkan penelitian dari para pakar di Universitas Alexandria, Mesir, teh hijau mampu mengenyahkan bakteri dan kuman yang paling super sekalipun. Mengkonsumi teh hijau bersama dengan obat antibiotik, akan meningkatkan kerja antibiotik dan mengurangi resistensi obat pada bakteri.


Khasiat teh hijau sangat luar biasa, karena teh ini tidak mengalami proses fermentasi seperti teh hitam dan teh merah sehingga kandungan antioksidannya lebih besar. Untuk memaksimalkan manfaat teh ini, siapakan air panas yang sudah mendidih dan biarkan selama tiga menit. Sesudah itu, tuangkan air yang mulai menghangat itu ke dalam gelas yang telah diisi bubuk teh hijau. Dinginkan hingga tiga menit, sebelum diteguk.

sumber : http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2008/07/11/14375756/teh.hijau.bikin.antibiotik.makin.ampuh